Perubahan Update Algoritma Google Terbaru

Selalu saja kemungkinan-kemungkinan yang muncul dalam perubahan update Algoritma Google Terbaru yang mungkin dapat membuat para pemula seperti saya khususnya yang sedang belajar sering menjadi kebingungan ya karena masih sangat minimal dalam pengetahuan mengenai update google yang ngga disangka-sangka.

Seperti yang terjadi pada sekitar bulan juni 2018 yang mengalami perubahan pada letak judul maupun deskripsi pada website. Tentunya bagi para Pakar Seo Indonesia yang sudah sangat memahami hal ini akan berupaya mencari tau seperti apa perubahannya.

Perubahan pada judul maupun deskripsi ini tentunya juga akan mempengaruhi hasil dari pencarian dari pengguna internet. Judul maupun deskripsi ini bisa disebut bagian dari seo pada bagian Meta Tag yang meliputi :
- Tag Judul
- Tag Deskripsi
- Tag Keyword

Perubahan Update Algoritma Google Terbaru

Update Algoritma Google Terbaru

Pasti ada alasan tertentu mengapa google selalu saja melakukan perubahan algoritma terbaru yang kita tidak pernah tau kapan waktu perubahan tersebut. Update Algoritma ini dilakukan oleh para enginering google untuk dapat memberikan hasil yang terbaik dan akurat bago kita yang sedang membutuhkan informasi maupun berita yang relevan, sehingga hasil yang diberikan dalam browsing juga akan diarahkan kepada website yang memiliki kualitas konten terbaik.

Algoritma google yang harus kita ketahui

Kita yang sedang belajar mengenai SEO harus juga mengetahui jenis dari algoritma google terbaru maupun yang sudah lama. Dan kita juga tidak boleh melupakan algoritma google yang lama, karena algoritma terdahulu juga masih diterapkan sampai kini dan yang terbaru adalah penyempurnaan dari algoritma lama.

  • Alghoritma Panda
Dikeluarkan pada tgl 24 Februari tahun 2011, update ini memfokuskan atau mengutamakan pemberantasan terhadap duplikat konten (copy paste), konten yang tidak memiliki kualitas, spam yang user-generated, serta melakukan keyword stuffing.

Cara kerja dari algoritma Google Panda
Google Panda ini disertai dengan quality score (angka mutu) untuk setiap halaman website/page. Nilai ini dipergunakan sebagai salah satu faktor untuk peringkat pada mesin pencari Google. Pada awalnya, Panda merupakan penyaring, bukan satu bagian yang dikhususkan untuk peringkat Google itu sendiri. Tetapi pada bulan Januari di tahun 2016, Alghoritme Panda ini resmi digolongkan kedalam algoritma inti. Kemudian juga menjadi faktor untuk melakukan penalti dari Google terhadap website yang tidak berkualitas.

Upaya Kita Dalam algoritma Google Panda?
Perlu melakukan pemeriksaan ulang website secara rutin untuk upaya dalam menghapus serta melakukan perubahan konten yang tidak bagus. Konten yang tidak bagus yang dimaksud disini adalah seorang pemilik website yang melakukan duplikasi konten, konten tipis, dan penjejalan kata kunci yang berlebihan/ keyword stuffing.

Baca Artikel sebelumnya tentang Pakar Digital Marketing Indonesia Terbaik Dumet School

  • Update Penguin
Perubahan pada tahun 2012 tanggal 24 April, fokus utamanya adalah untuk menangani link-link yang tidak relevan atau bersifat melakukan spam serta anchor text yang terlalu teroptimasi (over optimization)

Seperti Apa algoritma Google Penguin, dan bagaimana cara kita dalam menanganinya ?
Tujuan Perubahan Google Penguin ini difungsikan untuk membuang atau menurunkan peringkat website yang link tautannya itu dianggap manipulasi. Akhir pada tahun 2016, Penguin telah bekerja secara real time/langsung dan tentunya menjadi bagian dari salah satu algoritma inti perusahaan Google

Kita dapat belajar untuk menanganinya dengan cara memantau yang berada didalam link profil maupun link tautan. Melakukan pemeriksaan terhadap backlink, menghapus berbagai link yang buruk dan serta melakukan edit terhadap anchor text pada artikel didalam website. Teruslah mencari kesalahan lanjutan terhadap link building yang sedang dijalankan.


Download Themes Premium Zerif Pro Secara Gratis Untuk Membuat Website Company Profile
  • Algoritma Google Possum
Terjadi pada tanggal 1 September ditahun 2016, tugas dari perubahan algoritma ini mengenai penempatan dalam kompetisi yang disesuaikan dengan lokasi atau wilayah lebih spesifik yang menjadi target.

Bagaimana cara kerja serta menangani algoritma Google Possum?
Pembaruan atau Update Possum ini membuat hasil lokal bervariasi lebih banyak tergantung pada lokasi dari si penelusur. Jika semakin dekat Anda dengan alamat bisnis, maka semakin besar kemungkinan Anda melihatnya di antara hasil lokal yang muncul pada Google. Possum juga menghasilkan variasi yang lebih besar di antara hasil peringkat untuk pertanyaan yang sangat mirip. Jadi, Anda sekarang bisa mendapat hasil relevan dari pencarian semacam “rumah sakit jantung” dan hasilnya akan memunculkan “rumah sakit jantung Jakarta” atau bahkan “rumah sakit jantung Jakarta Pusat”.

Upayakan untuk memperluas kata kunci (keyword) serta melakukan pencarian peringkat dengan menggunakan lokasi khusus contoh kata kunci yang dapat dipergunakan seperti Jasa SEO Terbaik Di Jakarta. Bisnis lokal sekarang harus menargetkan lebih banyak kata kunci dibanding sebelum-sebelumnya

  • Perubahan Update Algoritma Google Fred
Perubahan atau update ditahun 2017 bulan Maret, Target update dari algoritma ini kembali lagi kepada Google Panda mengenai tidak berkualitasnya suatu konten konten, serta affiliate yang terlalu banyak atau terlalu mementingkan iklan dibandingkan kualitas konten.

Bagaimana cara kerja algoritma Google Fred
Yang terbaru dari pembaruan yang dikonfirmasi Google, Fred menargetkan website yang melanggar pedoman Webmaster dari Google. Sebagian besar website yang kena dampak adalah blog dengan posting berkualitas rendah yang tampaknya sebagian besar dibuat hanya untuk tujuan menghasilkan pendapatan iklan.

Upaya menangani Perubahan Algoritma Google Fred
Apabila didalam website kita menampilkan iklan, pastikan kembali bahwa halaman website telah memiliki kualitas tinggi dan memberikan informasi yang relevan dengan konten yang bagus pula.

Kesimpulan yang dapat kita pelajari adalah mengenai perubahan algoritma Google terbaru yang terus berupaya memberikan hasil terbaik bagi pengguna media internet yang menginginkan kualitas informasi dari setiap konten serta tidak melakukan hal kecurangan yang mungkin juga akan merugikan pengguna. Selalu berupaya menyajikan konten serta tidak melakukan spam yang berulang.
loading...

Post a Comment

0 Comments