DomaiNesia

Belajar Menjadi Seorang Editor Video Professional

Banyak sekali profesi yang dapat kita tekuni yang nantinya bisa menghasilkan uang. Tidak hanya profesi yang sifatnya formal saja, seorang editor video freelance juga bisa setara (bahkan lebih tinggi) jaminan masa depannya dengan profesi seperti pegawai perusahaan. Namun semua itu tak lepas dari diri kita sendiri, apakah mau belajar dengan tekun atau tidak, apakah bisa konsisten dengan yang sedang ditekuni atau tidak, dan apakah kita mau menikmati prosesnya atau tidak.

Kebanyakan orang tidak mau dan tidak menghargai yang namanya sebuah proses, sedangkan kita tahu, sukses itu butuh proses!!! Nah, kasus ini sama seperti yang sedang kita bahas pada artikel kali ini, yaitu bagaimana belajar menjadi seorang editor yang proffesional. Menjadi seorang editor video proffesional tentunya membutuhkan waktu lebih untuk memperbanyak pengalaman dan keahlian yang bisa menjadi bekal kedepannya.


Editor Video Professional


Ketika telah mendapatkan banyak pengalaman dan keahlian di dunia editing video, maka kita akan mendapat kepercayaan orang-orang untuk menggarap proyeknya. Dan semua itu tidak bisa kita dapatkan dengan mudah, apalagi instan. Tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan tekad yang kuat serta kegigihan yang tinggi dalam mempelajari teknik edit video yang sempurna.

Tips Belajar Menjadi Seorang Editor Video Professional :

Di samping itu, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui ketika ingin belajar menjadi seorang editor video proffesional, diantaranya yaitu :

1. Mengenal Aplikasi Yang Cocok Untuk Keperluan Edit Video

Seorang Editor Video Professional ~ Hal yang pertama kali kalian siapkan adalah menentukan aplikasi edit video yang cocok untuk seorang pemula. Ini sangat penting karena menyangkut semangat yang kalian miliki, dimana seorang pemula biasanya tidak ingin sesuatu yang ribet (tapi tergantung orangnya juga sih).

Nah jika demikian, maka kita harus menentukan apa saja aplikasi editor video yang cocok dan tidak terlalu berat untuk dijalankan di komputer yang spesifikasinya masih pas-pasan. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi aplikasi yang cocok untuk keperluan edit video dan terkesan ringan untuk dijalankan silahkan baca 7 Aplikasi Edit Video Ringan Dan Terbaik Untuk PC Maupun Laptop.

2. Lihat Video Tutorial Di Youtube

Dalam proses belajar, tentu saja kita membutuhkan panduan dalam menggunakan aplikasi editor video tersebut. Jika memungkinkan, belajarlah langsung kepada sang ahli-nya. Namun jika tidak memungkinkan, kita masih bisa memanfaatkan sarana belajar lain, di channel youtube misalnya. Apalagi di zaman sekarang telah bertebaran video-video tutorial yang akan sangat membantu kita dalam proses belajar editing video.

Dan semua itu bisa kita dapatkan secara gratis, tanpa harus repot-repot menyiapkan biaya yang tinggi. Paling - paling biaya yang harus kita keluarkan ya untuk bayar kuota internet atau langganan wifi. Dan saya rasa itu bukan biaya yang akan memberatkan kita dalam proses belajar menjadi seorang editor video proffesional.


Editor Video Professional


3. Terus Konsisten Dan Niatnya Jangan Setengah - Setengah!!!

Mau menekuni bidang apapun, jika kita tak konsisten serta tak punya niat dan semangat yang tinggi maka sia - sia saja pengorbanan waktu dan tenaga yang kita keluarkan. Hal tersebut saya alami sendiri, dimana ingin mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan tidak tertekan, serta santai. Namun akhirnya kita termakan oleh situasi tersebut. Kemudian mulai sekarang saya buang jauh -  jauh pemikiran itu.

Kita berubah bukan untuk jadi lebih buruk, melainkan untuk lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan pada kejadian itu saya ingin lebih banyak waktu santai, namun yang ada justru hidup tidak tenang dan merasa tidak berguna. Lebih baik berjuang sekuat tenaga dan kita justru akan merasa lebih puas dan bangga saat mendapatkan hasilnya, daripada santai-santai. Nanti yang ada, ketika mengalami bencana malah tak ada semangat lagi untuk memulainya.

Jadi apapun itu profesinya, semangat yang tinggi dan konsistensi adalah nomor 1. Selanjutnya kita hanya bisa pasrah dengan keputusan sang maha kuasa. Dan satu lagi, jangan pernah lupakan sang Tuhan, karena semua ada pada kehendak-Nya. Tetap jalani prosesnya, jangan pernah terpengaruh dengan ejekan orang-orang sekitar "Wake up and get better day tommorow"

Lihat yang terbaru dari : Harga Cetak Mug Termurah Souvenir Perusahaan Di Jakarta

4. Belajar Sedikit Demi Sedikit, Jangan Langsung Semuanya

Hal yang sering kita lihat saat seseorang mempelajari sesuatu yaitu belajar sekaligus, tidak sedikit demi sedikit. Ini adalah metode belajar yang salah, ketika kita cepat ingat justru akan lebih cepat pula lupa-nya. Andalkanlah otak kanan untuk mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lama, dan hal itu akan bisa dilakukan jika kita belajar sedikit demi sedikit dan dalam waktu yang relatif lama.

Sering sekali saya lihat seorang siswa yang belajar seluruh materi saat akan melaksanakan ujian atau ulangan. Waktu belajar yang ia lakukan adalah 30 menit sebelum ujian berlangsung. Dan kenyataannya, setelah ujian selesai justru mereka tak ingat lagi apa yang mereka pelajari. Bukankah sia - sia saja? Mengetahui suatu hal lalu melupakannya begitu saja?

Saya bersyukur mempunyai guru yang kreatif saat saya SMK dulu, jadi pola pikir saya lebih terkendali dan tidak tergesa - gesa dalam belajar. Karena kita tahu, pembelajaran di sekolah itu HAMPIR SEMUANYA TERASA MEMBOSANKAN. Mengapa? Karena cara belajar yang salah. Oleh sebab itu, maka saat belajar sesuatu perdalam-lah lebih lanjut, lakukan berkali - kali sampai betul - betul paham dan baru - lah lanjut ke pembelajaran berikutnya.

5. Lakukan Trik ATM

Jika poin diatas membahas tentang suatu hal yang sifatnya masih umum, pada poin ke-5 ini kita akan sedikit belajar teknik dalam melakukan edit video. Mungkin sebagian orang sudah paham dengan teknik ini (ATM). Apa itu ATM? ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi 😁. Yups, ini memang trik yang sudah umum dilakukan, dan berlaku juga saat melakukan edit video.

Trik yang sering saya lakukan adalah menonton beberapa video di channel youtube yang berbeda, lalu saya amati apa saja efek - efek yang terlihat menarik dari masing - masing video. Setelah saya temukan efek - efek tersebut, saya cari satu per satu cara membuat efek tersebut, lalu menerapkannya dalam satu video.

Ibarat kata, cara ini adalah mencari inspirasi. Karena biasanya setiap akan mengedit video kita kehabisan ide, dan dengan cara ini kita bisa memancing ide yang brilian untuk mempercantik video kita. Bahkan kita akan mendapatkan ide yang jauh lebih bagus setelah menerapkan trik ini.

Belajar Editor Video Professional

Demikianlah tips singkat yang dapat saya bagikan pada artikel tentang Belajar Menjadi Seorang Editor Video Professional. Seluruh tips diatas masih bisa dikembangkan lebih lanjut, jika ada saran lain mengenai hal ini jangan sungkan untuk menyebutkannya di kolom komentar yah.

Penulis : Aurora Tekno
Masih Aku Disini

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

https://masihakudisini.blogspot.com

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post